News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gandeng Damkar Tapanuli Utara, Rutan Tarutung Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Gandeng Damkar Tapanuli Utara, Rutan Tarutung Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

 


Tarutung – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Tapanuli Utara menggelar kegiatan simulasi penanganan kebakaran sebagai langkah preventif menghadapi potensi bahaya kebakaran di lingkungan Rutan, Selasa (24/9). 

Simulasi dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di lapangan serba guna Rutan yang diikuti Petugas Rutan dan perwakilan warga binaan. Simulasi ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan para petugas dan warga binaan dalam menghadapi situasi darurat, terutama kebakaran. 

Kepala Rutan Tarutung, Evan Yudha Putra Sembiring menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program keamanan dan keselamatan yang telah terjadwal secara rutin.

"Keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama kami. Simulasi ini bertujuan agar seluruh petugas dan warga binaan dapat merespons dengan cepat dan tepat jika terjadi kebakaran," ujar Evan.

Selama simulasi, tim pemadam kebakaran Rutan Tarutung bersama dengan tim dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Taput menunjukkan bagaimana cara menangani api yang muncul di area wadah pelatihan. Selain itu, pelatihan evakuasi dan penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR) juga dilakukan.

Selain simulasi penanganan kebakaran, kegiatan ini juga disertai dengan sosialisasi terkait pentingnya kesadaran akan risiko kebakaran dan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan sehari-hari. Beberapa peralatan keselamatan seperti alat pemadam api ringan (APAR) juga diperiksa kelayakannya.

Dengan kegiatan ini, Rutan Tarutung berharap dapat meningkatkan kesiagaan dan kecepatan respon dalam menangani bencana, serta memastikan bahwa prosedur evakuasi dapat berjalan lancar demi keselamatan bersama.(*)

Tags

Posting Komentar