News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FPK Kota Medan Sambut Hangat FPK Riau: Saling Belajar

FPK Kota Medan Sambut Hangat FPK Riau: Saling Belajar



MEDAN - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Medan menyambut hangat kehadiran rombongan dari FPK Provinsi Riau di Komplek Setia Budi Centre, Medan, Rabu (18/9/2024). Silaturrahmi yang dihiasi nuansa keakraban ini dipenuhi dengan saling memberi masukan untuk perkembangan masing-masing lembaga. 

Rombongan yang hadir dinakhodai langsung oleh Ketua FPK Provinsi Riau Drs H Auni Mhd Noor MSi, didamping para wakil ketua, di antaranya: Drs H Martius Busti MM MH, Sadrianto SE, H Eyang Surachmat SH, dan Wakil Sekretaris Widodo. 

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Ketua FPK Kota Medan Dr. dr. Delyuzar, SpPA (K), Sekretaris Arwin Harahap, dan pengurus lainnya, yakni Drs Martinus Lase MSP, H Benny Soebardjo, Pdt Sadakata Ginting, Matha Riswan, Johan Tjongiran.

Terlihat hadir pula Wakil Ketua FPK Sumut Burhanuddin Berutu bersama Wakil Sekretarisnya, Steven Amor. Serta, perwakilan dari Pemerintah Kota Medan, Kabid Wawasan dan Ideologi Kesbangpol Donald RS.

Menurut Ketua FPK Provinsi Riau Drs H Auni Mhd Noor, kehadirannya di FPK Kota Medan dalam rangka menyambung silaturrahmi dan membangun kerjasama dari berbagai bidang, serta memperkuat FPK secara umum.

"Tugas pokok FPK adalah menjaga dan merawat keharmonisan dalam keberagaman yang terdiri dari berbagai suku dan etnis. Di sini saya melihat, dari Sumatera Utara ini, mungkin dari segi etnis sama saja dengan Provinsi Riau, tetapi saya melihat ada kekompakkan antara sesama pengurus. Kondisi ini tentunya dapat mencegah terjadinya 

konflik di masyarakat," ungkap Auni M Noor.  

Sementara Ketua FPK Kota Medan Dr. dr. Delyuzar mengaku merasa terhormat karena telah dikunjungi oleh pengurus FPK Provinsi Riau.

"Kita banyak belajar juga dengan apa yang telah dilaksanakan teman-teman FPK Provinsi Riau," ucap Delyuzar, seraya menyatakan akan melakukan pengembangan-pengembangan dalam rangka menjaga persatuan multi etnik di Kota Medan.

Ia juga menyatakan, banyak program yang harus dicontoh dari FPK Riau untuk merajut persatuan dari keberagaman guna menjaga keharmonisan di masyarakat, khususnya Kota Medan. 

"Ada juga program yang saya rasa cukup baik dari FPK Riau, yaitu pengembangan UMKM untuk kemajuan perekonomian masyarakat di sana. Apalagi mereka disupport dana yang cukup besar dari Pemerintah Provinsi sehingga dapat melaksanakan berbagai kegiatan yang langsung menyentuh ke masyarakat," ungkap Delyuzar.

Sementara, Wakil Ketua FPK Sumut Burhanuddin Berutu menambahkan, kehadiran FPK Provinsi Riau tersebut bisa menjadi study tiru. 

"Kita saling belajar, saling memberi masukan dan sharing program-program dalam merawat keberagaman," tandasnya.

Sedangkan Kabid Wawasan dan Ideologi Kesbangpol Pemko Medan Donald RS, mengaku salut dengan FPK Provinsi Riau yang memiliki banyak program dan telah membuat kegiatan berskala nasional.

"FPK Kota Medan maupun Sumut dapat belajar dari FPK Riau, untuk kiat-kiat bagaimana menjadi besar, bagaimana koordinasi dengan kabupaten kota, agar FPK Kota Medan dapat bersinergi dengan FPK Sumut dalam menjaga keharmonisa di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan," tutur Donald. 

Ia juga menyarankan agar FPK Kota Medan melaksanakan sosialisasi ke pemangku-pemangku kebijakan.

"Jadi, kalau mereka (Pemda dan DPRD) paham dengan keberadaan FPK ini, dengan dijelaskan manfaat dan dampak-dampak dari kegiatan yang kita lakukan, mereka jadi lebih gampang dalam mengeluarkan anggaran yang dibutuhkan," tutup Donald.(*)

Tags

Posting Komentar