News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tersandung Kata Sambutan, Bupati Karo Diperiksa Bawaslu

Tersandung Kata Sambutan, Bupati Karo Diperiksa Bawaslu

 


Tanah Karo - Bawaslu Kabupaten Karo melakukan pemanggilan terhadap Bupati Karo, Cory Sebayang. Pemanggilan bertujuan untuk mengklarifikasi isi pidato Bupati saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Karo, pada 23 September 2024 di Hotel Sinabung Hill Berastagi. Pidato itu menimbulkan kericuhan antara pendukung dan simpatisan pasangan calon (Paslon). Cory sebayang dinilai bertendensi memihak salah satu pasangan calon.

 Ketua Bawaslu Kabupaten Karo, Gemar Tarigan saat di konfirmasi melalui nomor WhatsApp pribadinya mengatakan " tanpa ada pihak yang ngebuat laporan ke Bawaslu , Bawaslu bisa memanggil Bupati Karo itu karena sudah kami lihat langsung dan dengar langsung,"kata ketua Bawaslu 

Menurut ketua Bawaslu setelah melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Karo Cory C Sebayang saat pelaksanaan pencabutan dan pengundian nomor urut Gakkumndu (Bawaslu, Kejaksaan, Polri) telah meminta keterangan saudara pelapor beserta saksi -saksi dan juga pihak terlapor telah hadir memenuhi undangan Bawaslu untuk diminta keterangan/klarifikasi di Kantor Bawaslu Karo, Senin ,(30 /09/2024) sekira pukul 14.30 wib.

" Pihak terkait, dalam hal ini KPU Karo sebagai penanggung jawab kegiatan, akan dimintai keterangan Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 13.00.Wib.Gakkumndu juga hari ini akan melakukan konsultasi/permintaan pendapat ahli hukum Pidana dan ahli bahasa terkait materi pengaduan yg sedang ditangani. Sesuai jadwal, maka Gakkumndu akan segera melakukan pembahasan terkait hasil dari keterangan para pihak tersebut diatas. Kita harapkan masyarakat dan media bersabar dan akan kami segera sampaikan bila hasil dari pembahasan berikutnya ini sudah tuntas," demikian hasil press release dari Bawaslu Kabupaten Karo 

Sementara Ucapan yang di keluarkan Bupati di saat pidato yaitu "Nomor 1 nantinya belum tentu nomor satu , nomor dua belum tentu juga nomor satu, dan nomor tiga mudah -mudahan menjadi nomor satu " kata bupati karo saat memberikan kata sambutannya kemarin.

(Keloko)

Tags

Posting Komentar