News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sumbul adalah Agus

Sumbul adalah Agus

 


Oleh: Wiku Sapta, Dairi

Komjen Pol Agus Andrianto lahir dan datang dari Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967. Dia lulusan Akpol tahun 1989. Meski dari Jawa, tapi di Medan, Sumatera Utara, bahkan di kota kecil Sidikalang, Dairi (terspesial Sumbul), nama besarnya harum semerbak.

"Sekarang beliau (Agus Andrianto) sudah jadi Wakil Kepala Polisi RI." 

Sebuah perkataan takjub dari seorang warga yang berdiri di depan pagar rumah sederhana yang berada di pinggir jalan lintas Tiga Lingga, Kabupaten Dairi. Di sekitaran rumah itu dikelilingi kebun durian dan pisang. 

Sosok Agus sebenarnya menjadi harapan  banyak orang khususnya di Kecamatan Sumbul, Sidikalang dan Tiga Lingga sekitarnya, Kabupaten Dairi, pun daerah-daerah lain di Sumatera Utara menjadi salah satu penahkoda 'mesin' penegak hukum yang tegas dan berani di Korps Bhayangkara.

Apalagi, nama Agus juga masuk dalam jajaran Pati Polri berintegritas tinggi, ramah dan sangat humanis. 

Agus sendiri mengawali karirnya di Polres Dairi, Sumatera Utara. Setelah itu, Agus sempat diberi jabatan baru sebagai Kapolsek Sumbul pada 1992.

Satu tahun kemudian, Agus digeser menjadi Kapolsek Parapat pada tahun 1993. Setelah itu, dia menjabat Kapolsek Percut Seituan selang dua tahun kemudian.

Selama menjadi perwira menengah, Agus juga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. Kemudian, pada tahun 2007, Agus ditugaskan menjadi Kapolres Tangerang.

Lalu Agus dirotasi menjadi Kapolres Metro Tangerang. Lalu, dia kembali lagi ke Sumut untuk mengisi jabatan Dirkrimum Polda Sumut.

Kemudian, Agus diangkat sebagai Dirtipidum Bareksrim Polri. Saat mengemban jabatan tersebut, Agus sempat menangani sejumlah kasus penting yang menyita perhatian publik, seperti di antaranya penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok kini telah dijatuhi hukuman penjara.

Selang setahun kemudian, Agus dimutasi menjadi Wakapolda Sumut. Lalu pada 2018, Agus dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Setelah itu, Agus ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri sejak tahun 2019 hingga 2021. Lalu diangkat menjadi Kabareskrim Polri pada tahun 2021 hingga 2023 menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sampai saat ini menjadi Kapolri.

Baru lah kini, Agus menjabat sebagai Wakapolri. Dia menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang tengah memasuki masa pensiun.

Nah Rabu kemarin, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Agus Andrianto itu singgah di rumah sederhana di Tiga Lingga. Dia bernostalgia dengan keluarga ayah angkatnya bermarga Tarigan. Mencicipi buah durian lalu berziarah. 

Setelah itu, Agus mendatangi Polsek Sumbul untuk  menggelar bakti sosial, Rabu (21/8/2024).

Polsek Sumbul merupakan salah satu polsek yang pernah menjadi tempat tugasnya setelah dari Pamapta Polres Dairi pada tahun 1992.

Agus Andrianto bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan disambut oleh tokoh masyarakat maupun tokoh yang pernah menjadi mitranya saat menjabat sebagai kapolsek.

Dia pun sempat mendatangi rumah dinas yang pernah menjadi tempatnya menetap saat menjadi kapolsek. Banyak kenangan indah di Sumbul yang terekam dibenaknya. (**)

Tags

Posting Komentar