News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Sungai Sitolang Adakan Sosialisasi Literasi Digital dan Stop Bullying di SDN 016 Rambah Hilir

Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Sungai Sitolang Adakan Sosialisasi Literasi Digital dan Stop Bullying di SDN 016 Rambah Hilir

 


Beberapa hari setelah Anggota Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau sampai di lokasi Kukerta yaitu di Desa Sungai Sitolang kecamatan Rambah Hilir kabupaten Rokan Hulu, mahasiswa melakukan survei di salah satu sekolah dasar yang ada di desa tersebut, yaitu SDN 016 Rambah Hilir.

Salah seorang anggota kelompok Kukerta mengusulkan program kerja yang akan dilaksanakan sebagai tugas dari universitas sosialisasi mengenai literasi digital dan stop bullying.

Adapun harapan dari program kerja agar siswa-siswi di SDN 016 Rambah Hilir mengenal dampak dari penggunaan digital dan bahaya perundungan serta cara pencegahannya.

Salah satu program kerja yang telah dilakukan kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau tahun 2024 di Desa Sungai Sitolang Kecamatan Rambah Hilir Kabupten Rokan Hulu sukses melakukan sosialisasi mengenai stop bullying atau perundungan kepada siswa-siswi SDN 016 Rambah Hilir pada Rabu (14/8/2024).

"Dilakukannya sosialisasi stop bullying ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa SDN 016 Rambah Hilir agar memiliki etika berteman dengan baik, sehat, dan dapat ditiru oleh satu sama lain," ujar salah seorang anggota kelompok mahasiswa Kukerta Sungai Sitolang.

Sosialisasi stop bullying memberikan pemahaman tentang pengertian perundungan, kegiatan yang termasuk dalam perundungan, cara mencegah perundungan, dan mengatasi perundungan.

Pada sosialisasi yang dilakukan, siswa SDN 016 Rambah Hilir diberikan sejumlah materi dan dibersamai dengan penjelasan dari anggota kelompok kukerta Sungai Sitolang yang diutamakan kepada penjelasan dampak buruknya perlakuan perundungan bagi hidup seseorang.

Siswa-siswi tersebut juga diajarkan berani untuk menghadapi pelaku perundungan dan berani untuk melaporkan tindakan perundungan yang dilihat maupun dialami sendiri kepada orang tua dan guru atau ke pihak ke berwewenang.

Kelompok kukerta Sungai Sitolang juga memberikan tontonan yang berisi narasi tentang dampak buruk korban perundungan, serta memberikan beberapa kuis yang bersangkutan dengan materi stop bullying. (rob/Mul)

Tags

Posting Komentar