News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lebih Sakti dari Mbak Rara, Raden Ilham Bikin Pembangunan IKN Makin Cepat

Lebih Sakti dari Mbak Rara, Raden Ilham Bikin Pembangunan IKN Makin Cepat

 


Masih ingat dengan Mbak Rara, pawang hujan yang viral usai aksinya di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu? Nah, ternyata ada sosok yang lebih sakti dari Mbak Rara. Namanya Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Ilham Triadi Nagoro, pawang hujan dari Banyuwangi.

Jika Mbak Rara hanya beberapa hari di Mandalika, Raden Ilham sudah 22 hari berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak 20 Juli 2024. 

Penugasan Raden Ilham malah diperpanjang. Perpanjangan waktu penugasan itu atas rekomendasi sejumlah warga yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Balikpapan yang melihat peran penting Ilham memitigasi cuaca dalam upaya percepatan pembangunan IKN.

"Ini tepat hari ke-22 pasca penugasan, Rencana diperpanjang sampai akhir bulan. Selain karena hasil evaluasi kerja juga ada rekomendasi teman-teman Ikawangi," terang Ilham, Sabtu (10/8).

Menurut Ilham, selama berada di IKN kondisi cuaca mampu dia kondisikan hingga tidak sampai turun hujan lebat. Hanya sedikit gerimis dan mendung sebagaimana yang diharapkan para pekerja agar lingkungan kerja tidak terlalu panas dan berdebu.

"Alhamdulillah terang benderang. Setelah 2 hari kemarin ada gerimis di pagi hari dan masih bisa diatasi. Sebagai efek kiriman TMC," kata Ilham.

Kondisi mendung di IKN, menurut Raden Ilham, adalah bagian dari upaya pengendalian cuaca dengan metode spiritual. Dia mengaku hanya menjalankan tugas sebagaimana yang dikehendaki dengan cara mengalihkan awan hujan ke wilayah di sekitar IKN seperti Balikpapan dan Samarinda.

"Tentu tidak mengesampingkan ketentuan 'Yang Di Atas', tapi ini ikhtiar untuk mempercepat pembangunan IKN. Ya mungkin dampaknya daerah sekitar jadi hujan lebat seperti Balikpapan dan Samarinda," bebernya.

Dirinya mengaku siap mengemban tugas lebih lama di IKN hingga akhir Agustus. Ini berarti bahwa ketika upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 digelar di IKN, Ilham masih berada di sana untuk memastikan upacara berlangsung kondusif tanpa gangguan cuaca. (dtk)

Tags

Posting Komentar